Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagu Iwak Peyek

Lagu "Iwak Peyek" berkumandang mewarnai aksi ratusan kader PDI Perjuangan yang memerahkan jalan utama Kota Solo, Selasa (27/3/2012). Di hadapan ratusan orang, YF.Sukasno, kader partai berlambang banteng moncong putih ini, menyanyikan lagu "Iwak Peyek" yang diubah syairnya, menjadi ejekan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

YF Sukasno yang juga menjadi Ketua DPRD Surakarta, menegaskan sikap partainya yang menolak kebijakan kenaikan harga BBM, karena hanya akan menambah penderitaan rakyat. "Ketua DPRD dipilih oleh rakyat dan hanya bisa dipecat oleh rakyat, oleh karena itu, pejabat harus membela rakyat," katanya.

Dalam orasinya, YF Sukasno berpesan kepada kader PDIP untuk menjaga keamanan kota Solo dari provokasi. Sebelumnya, massa melakukan long march dari Alun Alun Selatan menuju Gadung Balai Kota di Jalan Sudirman. Massa juga membawa keranda yang bertuliskan "Turunkan SBY". Aksi teatrikal dilakukan oleh kader partai yang menarik jeriken kecil sebagai simbol naiknya harga BBM yang akan membuat hidup mereka susah.