Enggan dan Melontarkan Alasan-alasan

Kapten kapal naas Costa Concordia telah berulangkali diperintahkan oleh penjaga pantai untuk kembali ke kapal dan membantu menyelamatkan para penumpang. Namun, dia terdengar enggan dan melontarkan alasan-alasan yang tidak dapat diterima.

Percakapan antara Kapten Francesco Schettino dan penjaga pantai di pelabuhan Italia, Gregorio De Falco, ini terekam jelas dan transkrip rekaman mereka telah dimuat di berbagai media. Menurut CNN, Rabu 18 Januari 2012, rekaman percakapan ini akan menjadi bukti kuat di pengadilan atas pengabaian Schettino terhadap para penumpang di kapal yang tenggelam

Dalam transkrip rekaman, De Falco terdengar marah kepada kapten yang meninggalkan kapal beserta para penumpang di dalamnya. Sedikitnya 10 kali De Falco memerintahkan Schettino yang saat itu berada di sekoci penyelamat kembali ke kapal untuk membantu proses penyelamatan penumpang.

"Kembali ke kapal! Ini perintah! Kau telah mengatakan mengabaikan kapal. Sekarang saya yang memimpin. Kau ke kapal! Jelas?" teriak De Falco, dalam kutipan transkrip lengkap yang dimuat di New York Post.

Dalam percakapan tersebut, selain untuk membantu proses penyelamatan, De Falco meminta Schettino mendata berapa orang yang selamat. Dia memerintahkan Schettino untuk memutar balik sekocinya dan kembali memanjat ke dalam kapal untuk melakukan hal tersebut.

"Kembali ke dalam kapal dan beri tahu saya berapa orang yang masih ada di sana dan apa yang mereka perlukan. Beritahukan saya apakah ada anak-anak dan wanita atau orang yang perlu bantuan," kata De Falco.

"Dengar Schettino, kau mungkin telah selamat dari laut, tapi kau akan mendapatkan masalah yang lebih besar lagi! Kembali ke kapal!" teriak De Falco lagi.

Schettino memberikan jawaban yang berputar-putar. Alasannya mulai dari kapal sudah miring hingga kapal terlalu gelap untuk memberikan bantuan.

Selain itu, Schettino berada di dalam sekoci bersama dengan para perwira tinggi kapal lainnya yang seharusnya memberikan bantuan saat keadaan darurat. Alih-alih melakukan hal tersebut, mereka malah menyelamatkan diri mereka sendiri.

"Apakah kau tahu di sana gelap dan kami tidak bisa melihat apapun?" kata Schettino.

"Apa maksudmu? Di sana gelap dan kau ingin pulang? Sekarang kembali ke kapal dan naik melalui tangga, lalu beritahukan apa yang bisa dilakukan, berapa banyak dan apa yang mereka perlukan. Sekarang!" jawab De Falco geram.

Saat ini Schettino tengah menjalani tahanan rumah untuk menghadapi pengadilan berikutnya. Dia akan dijerat tuduhan pembunuhan tidak berencana, kecelakaan dan pengabaian kapal ketika penumpang masih di dalamnya. Jika terbukti bersalah, dia akan dipenjara hingga 15 tahun lamanya.

Anda sedang membaca artikel Enggan dan Melontarkan Alasan-alasan dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2012/01/enggan-dan-melontarkan-alasan-alasan.html
Semoga artikel Enggan dan Melontarkan Alasan-alasan ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net