Festival Legu Gam

Sultan Ternate Mudaffar Syah berharap agar Festival Legu Gam bisa digelar setiap tahun di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), sehingga semua pihak diminta dukungannya. "Saya harapkan agar Festival Legu Gam yang kini sudah berlangsung selama 10 tahun dapat dipertahankan dan bisa digelar setiap tahun," katanya di Ternate, Jumat (6/4/2012).

Festival Legu Gam yang setiap tahun digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan budaya dan pariwisata di Malut. Sehingga, Festival Legu Gam yang kini menjadi agenda nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapat dukungan semua pihak, termasuk pemda di Malut agar promosi pariwisata di daerah terus digalakkan.

Sultan Ternate yang juga anggota DPD-RI asal Malut juga berharap agar panitia melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan festival yang telah menjadi agenda nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut, khususnya dalam penyiapan lokasi penyelenggaraan festival di lapangan Ngara Lamo Ternate.

Sultan mengatakan, panitia telah menyiapkan 23 kegiatan yang akan ditampilkan pada festival tersebut, seperti Kirab Pesona Budaya Nusantara yang akan diikuti empat kesultanan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten/kota di Malut.

Selain itu, pertunjukkan budaya dan kesenian tradisional diantaranya tarian bambu gila yang akan menggunakan 100 batang bambu dengan melibatkan 700 peserta. "Tarian bambu gila ini kita upayakan masuk dalam rekor MURI, karena selama ini belum ada pertunjukkan tarian bambu yang menggunakan jumlah bambu dan peserta sebanyak itu," katanya.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa pertunjukan yaitu semalam di Ternate, semalam di Tidore, semalam di Bacan, dan kegiatan prosesi upacara pernikahan adat Ternate yang dilaksanakan sesuai tradisi masyarakat Ternate.

Sejumlah ritual yang terkait dengan Kesultanan Ternate seperti ritual menaiki Gunung Gamalama serta mengelilingi Gunung Gamalama melalui laut sebagai simbol meminta perlindungan dari Sang Pencipta, juga akan digelar pada festival tersebut.

Anda sedang membaca artikel Festival Legu Gam dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2012/04/festival-legu-gam.html
Semoga artikel Festival Legu Gam ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net