Kapal Barang China Dibajak Perompak

Kapal barang milik perusahaan pelayaran asal China dibajak perompak di kawasan Teluk Oman, di lepas pantai Iran, Jumat (6/4/2012) ini. China mendesak Iran untuk membantu membebaskan kapal tersebut.

Informasi yang diperoleh Kedutaan Besar China di Teheran, Iran, mengatakan, kapal bernama Xiang Hua Men itu diserang bajak laut Jumat pagi di perairan dekat Pelabuhan Chabahar, Iran selatan. Tidak disebutkan detail pembajakan dan kewarganegaraan para perompak itu.

Menurut kantor berita Xinhua, Kedubes China di Teheran telah menggelar operasi darurat untuk segera menyelamatkan kapal. "Kedubes China langsung mengontak pihak berwajib Iran yang relevan dan menuntut agar Iran melakukan segala cara untuk membebaskan kapal dan para awaknya," demikian diungkapkan Xinhua.

Menurut China Radio International, kapal Xiang Hua Men dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Yuanyang yang bermarkas di kota Nanjing, China timur. Kapal tersebut membawa 28 awak kapal.

Kapal-kapal China sering menjadi sasaran serangan bajak laut di perairan sekitar Laut Arab dan Teluk Aden yang rawan perompak. Sekitar 85 persen impor minyak China dan 60 persen ekspornya menggunakan jalur yang melewati Teluk Aden dan Samudera Hindia.

Anda sedang membaca artikel Kapal Barang China Dibajak Perompak dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2012/04/kapal-barang-china-dibajak-perompak.html
Semoga artikel Kapal Barang China Dibajak Perompak ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net