Tiga Kunci Kesuksesan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika memberikan pembekalan pada Rapat Kerja Fraksi Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (27/11/2010) memaparkan Tiga Kunci Kesuksesan sebuah bangsa.

Ketiganya, kerja keras dan disiplin, pendidikan yang maju serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sistem dan tata pemerintahan yang baik.

Katanya, itu berdasarkan apa yang dia baca, dengar, dan lihat langsung di China, Jepang, dan Korea Selatan. SBY menyebutkan, 50 tahun silam, kondisi Korsel, Jepang, dan China sama seperti kebanyakan negara-negara di Asia saat itu.

Namun, kini Korsel menjadi negara industri yang maju. Jepang, terutama setelah restorasi Meiji, juga tumbuh menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Begitu pula China yang diperkirakan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang dapat disejajarkan dengan Amerika Serikat.

"Jadi, tiga faktor itulah yang membedakan Korsel, Tiongkok, Jepang dengan negara lainnya di dunia," kata Presiden. Tiga faktor ini juga memastikan pembangunan ekonomi terus berjalan kendati situasi politik berlangsung sangat dinamis.

Jepang, misalnya, selama enam tahun terakhir, mengalami pergantian perdana menteri sebanyak enam kali. "Mereka tetap maju karena ketika faktor itu telah established dan eksis dalam kehidupan bangsa," katanya. Demikian catatan online Layanandata tentang Tiga Kunci Kesuksesan.

Anda sedang membaca artikel Tiga Kunci Kesuksesan dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2010/11/tiga-kunci-kesuksesan.html
Semoga artikel Tiga Kunci Kesuksesan ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net