Prof Dr Ir Sajogyo Meninggal Dunia

Guru besar emeritus Institut Pertanian Bogor (IPB), yang mendapat berbagai penghargaan berkat keilmuannya, Prof Dr Ir Sajogyo, wafat di kediamannya di Jalan Malabar Nomor 22, Kota Bogor, Sabtu (17/3/2012). Almarhum terkenal dengan teori dan pemikirannya mengenai masalah penanggulangan kemiskinan yang berbasis pada beras.

Salah satu murid almarhum yang juga aktif di Institut Sajogyo, Eko Cahyono, menuturkan, almarhum tidak sakit. "Beliau wafat dalam usia 86 tahun. Pada pukul 03.00, almarhum masih bagun dan minum. Pada pukul 05.00, beliau sudah tidak ada. Kami tetap membawa beliau ke RS PMI Bogor, untuk memastikan beliau sudah wafat, karena kan beliau punya riwayat penyakit jantung," tutur Eko. Sajogyo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dreded, Kota Bogor, pukul 14.00.

Almarhum Sajogyo menerima berbagai penghargaan baik dari pemerintah maupun lembaga akademik atau swasta. Penghargaan tersebut antara lain Bintang Mahaputra Utana (2009) yang ditandatangani Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama (1993) dari Presiden RI Soeharto, dan Penghargaan Achmad Bakrie 2009 untuk Pemikiran Sosial (2009).

Sajogyo menikah dengan Prof Pudjiwati, yang juga guru besar IPB, dan lebih dahulu wafat (2002). Pasangan ini tidak dikaruniai anak. Namun, anak didiknya yang sekaligus penggiat Institut Sajogyo ada 30 orang. Institut yang fokus pada pengkajian masalah-masalah sosial dan pedesaan ini didirikan almarhum pada tahun 2005.

Anda sedang membaca artikel Prof Dr Ir Sajogyo Meninggal Dunia dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2012/03/prof-dr-ir-sajogyo-meninggal-dunia.html
Semoga artikel Prof Dr Ir Sajogyo Meninggal Dunia ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net