Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Polewali Mandar Kembali Pulang

Ratusan warga yang mengungsi ke dataran tinggi di sejumlah wilayah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat pascabencana angin puting beliung, Senin malam lalu, hari Kamis ini (22/3/2012) akhirnya bersedia kembali ke rumahnya masing-masing. Sebelumnya mereka mengungsi mencari dataran tinggi karena ada isu datangnya gelombang tsunami menyusul angin kencang.

Warga bersedia pulang ke rumah setelah petugas kepolisian dan sejumlah aparat pemerintah setempat melakukan sosialisasi dan meyakinkan warga bahwa isu tsunami itu tidak benar. Kepala Desa Tonyamang, Syamsuddin, mengaku sempat kewalahan karena kebanyakan warganya terlanjur percaya isu yang merebak lewat SMS itu. Apalagi warga menyaksikan orang lain berbondong-bondong mengungsi. "Kita cukup kesulitan karena banyak warga lebih percaya isu-isu yang tidak jelas daripada mempercayai petugas," ujar Syamsuddin, Kamis.

Kapolres Polewali Mandar, AKBP I Gusti Ngurahrai Mahaputra menyatakan pihaknya kini sedang menelusuri asal usul SMS yang menyesatkan. Polisi menduga isu itu sengaja disebar orang-orang tertentu di tengah kegalauan warga yang sedang berduka karena rumahnya porak-poranda diterjang angin. Kapolres pun terpaksa menjelaskan pada warga bahwa angin puting beliung bukan penyebab munculnya tsunami. "Tak mungkin ada tsunami. Kan sebelumnya tak ada gempa," ujar Kapolres meyakinkan warga.