Apple di pasar mobile

Apple ternyata masih jauh dibandingkan dengan kompetitornya dalam urusan membangun loyalitas terhadap merek di kalangan pengguna mereka di pasar mobile. Padahal, di pasar ini, sejumlah produsen terus berupaya memperkuat pengaruh mereka seluas mungkin.

Menurut studi yang dilakukan oleh lembaga riset GfK, sekitar 84 persen pengguna iPhone menyebutkan bahwa mereka akan memilih iPhone saat mereka akan menukar telepon cap buah Apel yang mereka punya. Sementara pengguna Android yang tetap bertahan dengan Android Cuma 60 persen.

Di sisi lain, pengguna BlackBerry yang akan tetap bertahan dengan BlackBerry jika akan membeli produk terbaru hanya 48 persen. Seperti diketahui, penjualan smartphone sendiri telah melonjak sejak Apple memperkenalkan iPhone pertama mereka di 2007. Dan meski pertumbuhan telah melambat, tetapi menurut data lembaga riset IDC, penjualan mereka masih tetap naik 49 persen pada kuartal lalu dibandingkan dengan kuartal yang sama, tahun sebelumnya.

Ryan Garner, analis dari GfK menyebutkan, upaya membangun brand di pasar sangat penting bagi keberhasilan brand tersebut di masa depan karena secara rata-rata, 63 persen pengguna akan tetap setia terhadap merek telepon yang mereka punya. Ini menurunkan potensi pengguna beralih ke lain hati.

Namun demikian, menurut Garner, tingginya pertumbuhan Android dan peluncuran sistem operasi terbaru Microsoft yang akan membuat smartphone, tablet dan PC akan tampak serupa menunjukkan bahwa masih ada peluang bagi produsen lain. Apple jelas masih ada di depan. Namun perkembangan yang akan terjadi di tahun depan akan menantang mereka,” ucap Garner, seperti dikutip dari Reuters, 25 November 2011.

Dari survei, diketahui pula bahwa lebih dari 70 persen pengguna menyatakan bahwa mereka akan tetap memilih merek ponsel yang mereka pakai saat ini karena integrasi fitur dan akses ke konten yang mereka biasa gunakan. Sebagai gambaran, riset yang dilakukan GfK melibatkan 4.500 responden yang tinggal di Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Brazil, China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Anda sedang membaca artikel Apple di pasar mobile dan artikel ini url permalinknya adalah http://layanandata.blogspot.com/2011/11/apple-di-pasar-mobile.html
Semoga artikel Apple di pasar mobile ini bisa bermanfaat.

Related Posts

 
 
Copyright © 2013 Blogger Pesta All rights reserved
Hatnu.net